Storyboard
Cara Membuat Storyboard Aplikasi
Multimedia. Storyboard adalah sejumlah gambar, didukung dengan catatan
directional, yang membentuk script visual untuk sebuah Animasi. Mereka
bertindak bagaikan sebuah konsep (ide) yang membantu dalam proses perencanaan,
dan berfungsi untuk menguraikan peristiwa dan tindakan. Yang menentukan dari
sebuah storyboard adalah pada adegan (scene), durasi (timing), kamera-shot, dan
audio. Setiap gambar dalam storyboard harus menggambarkan dengan jelas
elemen-elemen film yang meliputi gerakan kamera, adegan, pemotongan kamera
(cut), dan dialog karakter.
Pembuatan film adalah proses yang
sangat mahal dan karena itu membutuhkan perencanaan yang matang dan pemikiran
intens. Sejak studio Disney pertama kali dikembangkan, teknik storyboard telah
menjadi pusat dalam proses produksi animasi. Pada saat itu cara membuat
Storyboard aplikasi multimedia termasuk teknik yang digunakan sudah sangat
beragam seperti pendekatan untuk pembuatan sebuah film. Ingat, tidak ada aturan
khusus dalam pembuatan storyboard, melainkan hanya garis panduan. Tujuan
penting dalam storyboard adalah untuk mengkomunikasikan ide dengan jelas
sehingga tidak muncul kebingungan yang tidak diinginkan.
Storyboard menyediakan sistem dimana
unsur-unsur pembuatan film dapat didefinisikan sebelum proses produksi dimulai.
Kita jelas membutuhkan pemahaman dari film untuk pembangunan sebuah film
terstruktur dengan baik….. storyboard memungkinkan kita untuk mengembangkan
script sebelum proses produksi dimulai. Dalam hal ini cara membuat storyboard aplikasi multimedia akan membantu memperbaiki shot kamera, adegan dan
urutan adegan, juga teknik untuk transisi antara adegan satu ke adegan berikutnya.
Ingat bahwa adegan bisa saja berada-terjepit di antara dua adegan lainnya. Efek
dari sebuah adegan sangat dipengaruhi tidak hanya oleh isi dari adegan
sebelumnya, tetapi juga oleh transisi antara dua adegan. Cobalah untuk melihat
gambar secara menyeluruh dari seluruh storyboard dan bayangkan bagaimana gambar
itu bergerak sesuai rancana. Lakukan hal tersebut setiap kali kita
menyelesaikan satu gambar ke gambar berikutnya dan perhatikan serta bayangkan
bagaimana semua urutan gambar mulai terbentuk.
Seberapa Panjang Storyboard yang Anda harus Buat ?
Sertakan gambar dalam storyboard sebanyak yang diperlukan untuk menggambarkan secara akurat urutan kejadian. Setiap gambar harus menunjukkan aspek-aspek penting dari sebuah film. Sebuah gambar harus mengandung setidaknya salah satu dari hal berikut:
·
Sebuah Action/Adegan penting.
·
Kamera Cut/Disolve/Fade in – Fade
out.
·
Gerakan Kamera – Camera Movement.
·
Tanyakan pada diri sendiri, “Apa
gunannya ini saya buat ?”.
Jumlah gambar yang diperlukan untuk
membuat storyboard aplikasi multimedia sangat bervariasi. Idealnya, tidak boleh
terlalu banyak, tapi selalu harus ada cukup banyak gambar untuk
mengkomunikasikan ide-ide secara memadai dan seefisien mungkin. Terlalu sedikit
buruk. Terlalu banyak sama buruknya. Pada banyak proyek-proyek komersial
storyboard sangat membantu dalam membuat anggaran dan menyelesaikan banyak
masalah sejak awal karena akan meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat
terjadi pada saat produksi. Hal ini tidak hanya dapat menghemat waktu, tenaga
dan biaya, tapi juga anggapan buruk yang dapat saja terjadi pada bagian
produksi.
·
Ada 2 Tujuan dalam Pembuatan
Storyboard Aplikasi Multimedia :
- Untuk
berkomunikasi ide-ide seakurat mungkin kepada orang lain.
- Untuk
mengatasi masalah sedini mungkin dalam proses produksi.
·
Berikut Cara Sederhana
Mengkomunikasikan Ide :
- Tentukan
tujuan film Anda. Untuk menyampaikan informasi atau menjual produk ?
- Kumpulkan
sebanyak mungkin referensi. Penelitian akan menciptakan ide-ide yang lebih
kuat dan meningkatkan kesadaran.
- Ber-imajinasilah
dengan sentuhan dramatisasi yang menarik tentang bagaimana Anda bercerita.
Banyak orang bisa mengatakan lelucon yang sama, tetapi hanya beberapa
orang yang menceritakan lelucon yang sama lebih baik daripada yang lain.
·
Konsep desain
storyboard yang baik adalah:
·
Konsep yang mampu memberikan
jawaban/jalan keluar terhadap problem-problem yang ada sesuai dengan kebutuhan
SME/audience. Ini menggunakan riset, eksperimentasi, kritik, dan analisa. Dari
segi pendekatan visual maupun copywriting mampu menarik khalayak untuk melihat,
mengerti dan kemudian mengambil tindakan yang diharapkan sebenar-benarnya.
·
·
Storyboard yang
baik harus bisa menjawab pertanyaan
·
·
1.Apa yang sebenarnya ingin dicapai?
·
2.Berapa lama tujuan tersebut akan
dapat dicapai?
·
3.Apa strategi yang paling cocok
untuk mencapai tujuan tersebut ?
·
·
Jumlah detail visual dalam setiap
panel harus sehemat mungkin. Jangan terlalu banyak detail pekerjaan gambar
dalam storyboard. Cobalah mengetahui dan memahami dengan jelas hal-hal penting
dalam setiap gambar sebelum Anda memulai membuat storyboard aplikasi
multimedia. Masukkan hanya poin-poin yang relevan dengan film yang akan dibuat.
Jangan buang waktu dan usaha hanya untuk membuat detail gambar di suatu tahap
yang masih awal pengembangan. Jika detail tidak penting bagi naskah dan
struktur film, tinggalkan saja. Kadang-kadang ide yang baik perlu menyertakan
sketsa pendukung yang sesuai dengan storyboard. Rencanakan ruang dan beberapa
detail sketsa untuk mendukung ide-ide Anda sehingga akan menjadi ide yang baik.
·
Beberapa poin yang perlu
dipertimbangkan dalam membuat storyboard :
- kontinuitas
- suara
- musik
- gerakan
- komposisi
- warna
- suasana hati
- struktur
- pementasan
- dialog
- Untuk siapa
storyboarddibuat ?
- Apakah ada
anggaran untuk storyboard ?
- Berapa banyak
waktu yang ada untuk pembuatannya ?
- Sebanyak apa
umpan balik dari rekan-rekan kerja setiap menyelesaikan tahap-tahap
storyboard ?
- Dimana film
akan ditampilkan ?
- Format apa
yang harus digunakan ?
- Berapa lama
film yang akan dibuat ?
- Pertimbangkan
respon emosional penonton.
- Bagaimana Anda
akan mendapatkan perhatian mereka ?
- Pertimbangkan
kecepatan film.
·
Saat storyboard mulai dibuat, perlu
juga dipertimbangkan beberapa hal penting. Berikut ini beberapa hal dan
pertanyaan sementara yang perlu diperhatikan saat proses pembuatan storyboard :
- Apakah setiap
gambar yang telah dibuat memang diperlukan ?
- Apakah setiap
gambar sudah dapat menyampaikan pesan dengan jelas ?
- Apakah setiap
gambar saling berkesinambungan dan terstruktur ?
- Apakah
storyboard sudah mewakili semua pesan yang Anda miliki dan akan Anda
sampaikan ?
- Pertimbangkan
sudut kamera.
- Pertimbangkan
posisi kamera.
- Pertimbangkan
pencahayaan adegan.
- Pertimbangkan
kecepatan film.
- Pertimbangkan
dimana pemotongan adengan harus dilakukan.
- Pertimbangkan
bagaimana pemotongan harus terjadi.
·
Rough Storyboard (Storyboard Kasar)
·
Adalah sebuah tindakan kasar
storyboard dalam bentuk sketsa. Storyboard kasar biasanya monokrom dan dibuat
menggunakan goresan-goresan pensil secara kasar. Pada tahap ini masih sangat
mungkin dilakukan perubahan-perubahan gambar sketsa.
·
Storyboard
·
Pada tahap ini storyboard sudah siap
digunakan dan harus mengandung semua informasi yang dibutuhkan untuk proses
produksi. Pada tahap ini sebuah storyboard harus mencakup :
- dialog
- gerakan kamera
- penerangan
- soundtrack
- ringkasan
singkat dari tindakan
·
Presentasi Storyboard
·
Sepenuhnya merupakan hasil dari versi
storyboard yang sudah final. Berbagai panel kunci storyboard dapat sepenuhnya
diberikan pada seluruh storyboard. Presentasi storyboard merupakan bagian dari
pekerjaan lapangan ke klien. Tujuan dari presentasi storyboard tidak hanya
untuk mengkomunikasikan ide, tetapi juga untuk menunjukkan standar profesional
kerja secara nyata. Storyboard dianggap selesai ketika ide-ide Anda telah
didefinisikan sejelas mungkin dan ada cukup informasi untuk seluruh tim produksi.
·
Animatik/Leica Reel
·
Animasi, seperti yang kita semua
tahu, merupakan media berbasis waktu atau timing. Ini berarti merupakan
kumpulan rangkaian gambar yang dijalankan dan dilihat dalam waktu tertentu. Ini
bukan satu gambar yang dilihat untuk waktu yang tidak ditentukan. Storyboard
yang telah kita buat dan lihat sangat berharga dalam perencanaan sebuah
animasi. Sebuah animasi adalah proses perakitan dan melihat gambar Storyboard
bersama-sama dengan track audio. Dengan menggunakan perangkat lunak non-linear-editing,
memungkinkan mengedit adegan sesuai perencanaan dengan akurat.
·
Cara Membuat
Storyboard untuk Film
·
Storyboard sangat penting untuk menggambarkan untuk membuang Anda dan kru apa tembakan di
Storyboard sangat penting untuk menggambarkan untuk membuang Anda dan kru apa tembakan di
·
sebuah film akan
terlihat seperti. With a little practice, your storyboards will not only speed
up the filming process, but also enable you to fully realize your artistic
vision. Dengan sedikit latihan, storyboard Anda tidak hanya akan mempercepat
proses pembuatan film, tetapi juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya
mewujudkan visi artistik Anda.
Menganalisis script Anda. Tergantung pada bagaimana tangan-on Anda, Anda mungkin storyboard saat-saat penting dari film ini, beberapa tembakan per adegan, atau setiap gerakan kamera tunggal. Duduklah dengan script dan menemukan adegan yang paling penting bagi Anda dan cerita. Fokus pada mereka terlebih dahulu, dan menggunakannya sebagai titik Anda melompat-off. Menarik catatan di margin atau menyimpan catatan secara terpisah pada pad, mencatat nomor adegan dan halaman.
Gambar tembakan. Sebelum Anda mengambil langkah lebih lanjut, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang masing-masing ditembak akan terlihat seperti.. Pikirkan bagaimana Anda akan menjelaskan tembakan kepada orang lain, bagaimana hal itu akan terlihat melalui kamera, bagaimana akan melihat ke penonton dan bagaimana hal itu akan melihat Anda, menonton dari luar. Ini adalah bagian dari proses previsualization, atau “previz,” yang menentukan bagaimana film akan terlihat.
Tentukan media Anda. Direktur Ridley Scott menarik gambar pensil kecil yang krunya panggilan Ridleygrams pada saat pengambilan gambar. Direksi lain menggunakan apa yang disebut animatic, coverting storyboard untuk gambar digital, membuat versi awal film dengan tokoh-tokoh tongkat dan bentuk samar yang dapat diawasi. Ini dapat digunakan kemudian untuk memastikan bahwa setiap bidikan secara sempurna. Apakah Anda memilih untuk membuat slide dalam PowerPoint atau membuat gambar kecil tongkat-angka pada kartu file, aturan yang sama dan Anda dapat melakukan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan.
Buat storyboard Anda. Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa storyboard Anda tidak memerlukan penjelasan sama sekali. Ini akan membutuhkan beberapa latihan, tetapi dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar komik, gelembung pidato dan garis gerakan, Anda harus dapat menceritakan kisah film Anda hanya dengan storyboard Anda. Orang
Berbagi storyboards Anda. Film merupakan media kolaboratif, dan storyboard adalah salah satu cara yang bagus untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat memahami visi Anda. Luangkan waktu sebelum Anda menembak untuk memastikan bahwa setiap orang pada halaman yang sama dan memahami apa yang Anda inginkan. Anda sebelum menembak.
Menganalisis script Anda. Tergantung pada bagaimana tangan-on Anda, Anda mungkin storyboard saat-saat penting dari film ini, beberapa tembakan per adegan, atau setiap gerakan kamera tunggal. Duduklah dengan script dan menemukan adegan yang paling penting bagi Anda dan cerita. Fokus pada mereka terlebih dahulu, dan menggunakannya sebagai titik Anda melompat-off. Menarik catatan di margin atau menyimpan catatan secara terpisah pada pad, mencatat nomor adegan dan halaman.
Gambar tembakan. Sebelum Anda mengambil langkah lebih lanjut, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang masing-masing ditembak akan terlihat seperti.. Pikirkan bagaimana Anda akan menjelaskan tembakan kepada orang lain, bagaimana hal itu akan terlihat melalui kamera, bagaimana akan melihat ke penonton dan bagaimana hal itu akan melihat Anda, menonton dari luar. Ini adalah bagian dari proses previsualization, atau “previz,” yang menentukan bagaimana film akan terlihat.
Tentukan media Anda. Direktur Ridley Scott menarik gambar pensil kecil yang krunya panggilan Ridleygrams pada saat pengambilan gambar. Direksi lain menggunakan apa yang disebut animatic, coverting storyboard untuk gambar digital, membuat versi awal film dengan tokoh-tokoh tongkat dan bentuk samar yang dapat diawasi. Ini dapat digunakan kemudian untuk memastikan bahwa setiap bidikan secara sempurna. Apakah Anda memilih untuk membuat slide dalam PowerPoint atau membuat gambar kecil tongkat-angka pada kartu file, aturan yang sama dan Anda dapat melakukan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan.
Buat storyboard Anda. Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa storyboard Anda tidak memerlukan penjelasan sama sekali. Ini akan membutuhkan beberapa latihan, tetapi dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar komik, gelembung pidato dan garis gerakan, Anda harus dapat menceritakan kisah film Anda hanya dengan storyboard Anda. Orang
Berbagi storyboards Anda. Film merupakan media kolaboratif, dan storyboard adalah salah satu cara yang bagus untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat memahami visi Anda. Luangkan waktu sebelum Anda menembak untuk memastikan bahwa setiap orang pada halaman yang sama dan memahami apa yang Anda inginkan. Anda sebelum menembak.
·
Sebuah template
storyboard sangat penting jika Anda meletakkan bersama sepotong multi-media
seperti video atau DVD. storyboard Anda adalah apa yang akan menentukan apa
desainer grafis Anda akan datang dengan, apa-overs suara Anda akan mengatakan,
apa yang ilustrator Anda akan menarik, apa fotografer Anda akan menembak, apa
soundtrack Anda akan, dan apa yang programmer anda akan menghasilkan. Sebuah
template storyboard adalah apa yang perlu Anda harus memastikan bahwa
storyboard Anda keluar kanan.
·
Jadi storyboard Anda
dimulai dengan template storyboard Anda. Bagaimana Anda membuat hal ini?
Mulailah dengan mengurus medium yang Anda gunakan untuk itu. Di Word, masuk ke
modus landscape, membuat template Anda, dan biarkan setiap halaman menjadi satu
layar. Jika Anda menggunakan PowerPoint, membuat template dan membiarkan setiap
slide menjadi satu layar. Jika Anda menggunakan Adobe Captivate, Anda dapat
mengambil pendekatan pembangunan yang pesat dan hanya mulai menulis seluruh
storyboard secara langsung dengan alat authoring Anda. Dan kemudian ada banyak
program perangkat lunak komersial storyboard yang mengajarkan Anda bagaimana
untuk membuat template dalam diri mereka.
·
Beberapa orang lebih
suka menggunakan program menulis teks dan menulis teks-storyboard saja, meninggalkan
gambar akhir yang sebenarnya dan soundtrack sampai dengan produser, yang hanya
mengikuti deskripsi tekstual dalam blok. Tapi secara umum ini bukan cara
terbaik untuk membuat storyboard. Visual yang ada untuk memicu imajinasi dan
melihat mereka bertindak seperti konsep kasar visual. Hal yang sama berlaku
untuk soundtrack dalam hal audio. Anda tidak keras atas kreativitas siapa pun
dengan memproduksi storyboard penuh.
·
Jadi, sekali Anda telah
dipanggil template storyboard Anda, bagaimana Anda mengisinya dan membuat
storyboard Anda? Anda perlu membuat bagian-bagian berikut:
·
Judul Bagian: Di sini
anda menaruh topik, modul, unit, atau nama pelajaran.
·
Screen Nomor Bagian:
Anda ingin pengenal unik untuk masing-masing layar Anda. Jadi anda bisa
menggunakan, katakanlah, “t1m2s4? Untuk topik 1, modul 2, layar 4.
·
Visual Bagian:
Gambarlah menyisipkan visual atau foto, grafis, dll. Anda juga dapat mencakup
teks yang akan ditampilkan di layar, atau Anda dapat membuat bagian lain untuk
teks.
·
Audio Bagian: Di
sinilah tempat anda menulis naskah, nama dari file musik atau rekaman, dan efek
suara (SFX) yang akan bermain di layar masing-masing.
·
(Kemungkinan) Bagian
Interaksi: Jika Anda storyboard untuk sesuatu yang interaktif, seperti video di
situs Web Anda, di sini adalah di mana Anda menggambarkan interaksi yang
terjadi pada setiap layar. Ada baiknya untuk menulis ini di bahasa pemrograman
seperti untuk programmer Anda. Jadi, misalnya, Anda mungkin menulis “Jika
tombol 3 akan diklik, masuk ke layar u1m24″.
·
(Kemungkinan) Bagian
bercabang: Untuk produksi interaktif, di sini semua sistem percabangan yang
mungkin didefinisikan. Percabangan tidak sama dengan interaksi. Bercabang
adalah sistem navigasi keseluruhan, sehingga setiap interaksi yang mungkin
dalam video harus dipertanggungjawabkan di sini.
·
Ingat, seni tinggi
storyboard semakin sebanyak menjadi satu layar mungkin. Anda ingin storyboard
Anda untuk menjadi lebih detail, tapi dengan yang mengatakan Anda ingin
sesederhana mungkin.
·
Setiap pembuat film mempunyai cara
dan inovasi sendiri dalam mengutarakan ceritanya. Di dalam dunia film animasi,
storyboard berperan penting sebagai panduan bagi orang yang terlibat
didalamnya, mulai sutradara, penulis cerita, lighting, kameramen, dsb.
Kesemuanya itu dimulai dengan Storyboard. Untuk melengkapinya, maka diberia
kata-kata(dialog) yang diambil dari naskah\script yang diterjemahkan ke dalam
gambar. Para ilustrator(seniman pembuat storyboard)menggambar panel-panel yang
berisi karakter, aksi sang karakter, dan lingkungan sekitanya. Selain itu
tujuan dari pemakaian storyboard adalah memungkinkan seseorang pembuat film
untuk menvisualisasikan ide-idenya dan juga sebagai alat untuk
mengkomunikasikan ide dari keseluruhan film. Storyboard tak hanya diperuntukkan
buat adegan action yang rumit tapi juga film kecil dan romantis biasanya
menggunakan storyboard karena dapat membantu sutradara dalam memperjelas emosi
dan dialog yang ingin dimunculkan dalam film tersebut. Storyboard pada dasarnya
sama dengan storyline tapi dalam bentuk gambar. Biasanya orang awam akan lebih
mengerti jika diberi storyboard karena bentuknya panel gambar dibandingkan
storyline yang berupa cerita. Karena cerita perlu berimajinasi dan membayngkan
jalan cerita yang ada. Storyboard merupakan area berisi dari sebuah gambar
sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual
bagaimana aksi dari sebuah cerita. Ibarat kata storyboard bentuk seperti komik
namun tana blon dialog dan beda fungsi. Tujuan utama storyboard adalah untuk
menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita. Storyboard juga berperan
dalam pewaktuan pada sebuah sequence, sudut pandang kamera, perpindahan dan
kesinambungan anatara elemen dalam satu frame.
·
2. KELEMAHAN STORYBOARD DAN
SOLUSINYA
·
Kelemahan storyboard adalah
ketidakdapatannya untuk menunjukkan gerakan – gerakan kamera, beserta efek
optikal, seperti pemudaran (Blur, disolving). Namun demikian setiap
permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Solusinya yang paling mudah yaitu
dengan menggunakn tulisan dan gambaran skematis untuk mendeskripsikan apa yang
tidak dapat digambarkan. Selain itu juga ada beberapa teknik yang digunakan
oleh ilustrator untuk menunjukkan gerakan kamera dan ruang yang lebih lebar.
Selain itu,yang perlu juga diperhatikan adalah batas pinggir dari sebuah
storyboard (bingkai\frame). Tujuannya adalah untuk menunjukkan sudut pandang
yang dipilih dari keseluruhan ruang.
·
3. SIAPA PENGGUNA STORYBOARD
·
ADVERTISING, Agen ini menggunakan
presentasi storyboard untuk menjual produk kepada klien. VIDEO GAMES, Vide game
menggunakan banyak perencanaan termasuk brainstroming konsep dari game dan
interaksi pemakai. SERIAL TELEVISI, Terkadang pada saat bekerja di pertelevisian
khususnya film berseri, sutradara memerlukan storyboard hanya pada sequence
yang komplek. MULTIMEDIA, Banyak dipakai untuk CD edukasi, pelatihan atau
program tutorial,dll. WEB DESIGN, Biasanya digunkan untuk sketsa web seperti
gambar, video, animasi dan ilustrasi. INDUSTRI PEMERINTAHAN, Digunakan juga
untuk menampilkan ide – ide pada saat pembuatan sebuah proyek video
pemerintahan
·
4. PROSES STORYBOARD
·
PERSIAPAN PERTEMUAN DENGAN SUTRADARA
·
Langkah pertama adalah membaca
script yang sudah disetujui. Biasanya para storyboard artis membuat skets
thumbnail sebagai acuan dasar yang nantinya akan diperlihatkan kepada
sutradara. Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa mengurangi
perubahan-perubahan yang mencolok pada saat proyek berlangsung. Yang perlu
dilakukan oleh storyboard artis kepada sutradara yaitu bertanya ;
·
Apa tujuan secara emosional dari
cerita.
·
Apa saja kepribadian dari karakter.
·
Apa mood dari cerita secara
keseluruhan.
·
Apa mood cerita di tiap scene.
·
Warna apa yang mendominasi di setiap
frame.
·
Berapa karakter yang masuk
bergantian di tiap scene.
·
Bagaiamana yang anda inginkan
mengenai perasaan dari penonton.
·
RISET
·
Suatu saat sutradara menginginkan
anda membuat landscape tentang keadaan masa depan. Apa yang anda lakukan yaitu
salah satunya melakukan riset mengenai bangunan, kendaraan, environment,
pakaian, dll.THUMBNAIL Tahap ini merupakan tahap paling awal yang dipakai oleh
ilustrator, yaitu menggambar dalam bentuk panel sketsa yang masih sangat
sederhan. Yang ada hanya nomor urut yang berfungsi sebagai index dan pergerakan
kamera atau pergerakan karakter yang diberi simbol tanda panah.
·
ROUGH PASS
·
Setelah sutradara melihat storyboard
dalam bentuk sketsa kasar, biasnya ada perubahan yang terjadi dan ini sudah
merupakan hal yang lumrah terjadi. Misalnya penempatan karakter serta angle
camera\sudut kamera. Tahap revisi darin thumbnail ini disebut Rough Pass.
·
CLEAN-UP STORYBOARD
·
Tahap terakhir ini merupakan tahp
siap pakai. Biasanya sudah lengkap dengan narasi, dialog, keterangan sound
FX(suara angin, petir,dll). Garis bantu yang biasa dipakai pada saat menggmbar
sudah dihilangkan, gambar, background sudah betul-betul hidup dan full color
sehingga mudah dipahami.
·
ANIMATIC STORYBOARD
·
Sebenarnya bagian ini merupaka draft
dari film animasi yang dibuat. Disitu sudah ada dialog, sound FX, narasi,
layaknya sebuah film, namun bedanya adalah gambar dari animatic storyboard
adalah gambar still\diam karena materi yang dipakai dari storyboard yang diolah
kemudian diproses melalui software editing(premier) lalu dirender berupa out
put file movie. Dengan adanya animatic dapat mengurangi kesalahan dan dapat
dilakukan perbaikan.
·
ASPECT RATIO
·
Aspect ratio adalah sebuah ukuran
yang berhubungan dengan lebar dan panjang sebuah layar. Aspect ratio
digambarkan dengan bilangat digit di belakang koma berbanding satu. Misal 1.5 :
1 atau 1.33 : 1. Angka pertama yang terdiri atas satu\dua digit di belakang
koma (1.5 dan 1.33) adalah lebar dari frame\layar berdasar unit(cm,inchi,m).
dan perbandingannya adalah tinggi dari frame. Misal menggunakan unit cm, maka
1.5 cm adalah lebar dan 1 cm adalah tinggi. FORMAT UMUM ASPECT RATIO Kebanyakan
film sekarang menggunakan format 1.85 : 1 atau 2.35 : 1, dan sebagai
standartnya 1.85 : 1. Standart televisi 1.33 : 1, namun sekarang banyak produk
televisi yang menggunakan 1.78 : 1(layar lebar). Berbagai jenis aspect ratio :
·
PRINSIP FILM ANIMASI
·
POSE TO POSE
·
Dalam membuat animasi, hanya membutuhkan
2 objek yaitu objek diam dan objek bergerak. Sedangkan objek
didalam\dianataranya akan dibuat oleh komputer, biasa disebut dengan istilah
inbetween. Untuk animasinya dengan menggunakan key-animation agar objek
bergerak.
·
TIMING
·
Seperti diterangkan didepan, film
animasi merupakan suatu gambar yang bergerak. Jadi dalam tiap gerakkan frame
per detiknya mengalami perubahan gerak. Disinilah disebut dengan timing.
Artinya setiap gambar memiliki durasi\timing yang telah disepakati oleh para
animator bahwa 1 gambar mewakili 2 frame. Sedangkan untuk 1 detik diperlukan 24
frame (standart film), jadi untuk 1 detik diperlukan gambar sebanyak 12 gambar.
Ada beberapa hitungan frame ;
·
1 detik 24 gambar disebut On(1)One
artinya 1 gambar untuk 1 frame.
·
1 detik 12 gambar disebut On(2)Two
artinya 1 gambar untuk 2 frame.
·
1 detik 8 gambar disebut On(3)Three
artinya 1 gambar untuk 3 frame.
·
Dengan waktu dapat menentukan cepat
lambat gerakan objek animasi.
·
C. STRETCH & SQUASH
·
Stretch adalah salah satu bentuk
kelenturan suatu objek yang mengalami sedikit penekanan pada tubuhnya ketika
sedang bergerak dengan cepat. Squash adalah bentuk kelenturan objek saat
bergerak dan menabrak dan memantul sehingga objek terlihat mengalami penekanan.
·
D. ANTICIPATION
·
Merupakan gerakan awal sebelum benda
bergerak atau bisa disebut gerak ancang-ancang.
·
E. SECONDARY ACTION
·
Gerakkan yang muncul setelah gerakan
utama berjalan sehingga menimbulkan efek di gerakkan terakhir, inilah disebut
secondary action. Seperti anak panah yang dlepaskan dari busurnya dan menancap
pada balok dan bergetar. Nah bergetar ini lah gerakan kedua (secondary action).
·
F. FOLLOW TROUGH & OVER LAPPING
ACTION
·
Gerakan yang saling mempengaruhi
antara yang satu dengan yang lain. Misal, disaat berlari rambut, tangan, kaki
dan baju semuanya bergerak mengikuti kecepatan lari.
·
G. EASY IN & EASY OUT
·
Meskipun dunia film animasi
merupakan buah karya kreatifitas sang animator, tapi tidak lepas juga terhadap
hukum alam dan hukum fisika. Didalam menganimasikan sebuah objek, tidakkan
lepas tentang kecepatan, percepatan, gravitasi, daya, bobot dan hukum sebab
akibat. Misal, mobil berjalan kemudian berhenti. Pasti tidak langsung berhenti
begitu saja kan ! pasti ada gerakan dipercepat dan diperlambat. Untuk hasil
yang maksimal, perlu diperhatikan semua aspek.
·
H. ARCH
·
Mungkin hidup ini juga tidak begitu
saja lurus tanpa usaha apapun. Begitu juga dengan animasi. Didalam menganimasikan
objek, khususnya yang bergerak belok\melingkar perlu diperhatikan juga agar
hasilnya sangat alamiah. Tentang beban, gaya dan arah perlu juga diperhatikan.
·
EXAGGERATION
·
Disini hasil animasi akan tampak
lebih memukau kalau di beri sentuhan mendramtisasi. Misalnya saja, sebuah
kaleng dilempar, makan gerakannya akan memutar berbolak-balik dari bawah sampai
ke bawah lagi dengan memberikan efek blur\kabur disetiap jejak yang telah
dilewati.
·
J. STAGING
·
Pengaturan yang tidak kalah penting
adalah teknik frame\layar\panggung. Untuk hasil yang maksimal, gunakan objek
latar yang proporsional dengan objek utama baik letak, posisi dan ukuran. Agar
pesan dan kesan dari objek utama jelas dan terpahami. Dan juga bisa di nalar
dengan akal walaupun film animasi adalah fiktif.
·
K. APPEAL
·
Appeal merupakan lanjutan dari
staging. Dimana teknik appeal adalah pola\cara meletakkan objek-objek terhadap
objek utama dan latar, jarak objek, sudut objek ataupun gerak kamera sehingga
tampak realistis. Dimana dalam teknik hanya banyak menampilkan bagian yang
berkesan saja, tanpa menampilkan banyak gerakan yang berlebihan. Banyak di
pakai film Anime produksi Jepang.
·
L. PERSONALITY
·
Karakter tokoh film animasi akan
lebih kuat, bermakna, hidup dan berkarakter apabila dipahami terlebih dahulu
segala sesuatunya tentang karakter tersebut, seperti sifat fisik, sifat sikis,
latar belakang ekonomi, sosial budaya, ataupun sejarahnya sehingga dapat
dideskripsikan dengan baik.
·
SOFTWARE PEMBUAT ANIMASI
·
ANIMASI 2 DIMENSI ( DWI-MATRA)
·
MACROMEDIA FLASH
·
CoRETAS
·
CorelR.A.V.E
·
AFTER EFFECT
·
MOHO
·
CreaTooN
·
ToonBoom
·
AUTODESK ANIMATION (1990-AN)
·
B. ANIMASI 3 DIMENSI ( TRI-MATRA )
·
MAYA
·
3DS MAX
·
MAXON CINEMA 4D
·
LIGHTWAVE
·
SOFTIMAGE
·
POSER
·
MOTION BUILDER
·
HASH ANIMATION MASTER
·
WINGS 3D
·
CARRARA
·
INFINI-D
·
CANOMA
·
PERKEMBANGAN
ANIMASI DI INDONESIA
·
Bagaimana perkembangan film animasi
di Indonesia !Pada tahun 1980-an ada film produk Indonesia yang menjadi serial
televisi yaitu Si Huma yang menjadi favorit anak – anak pada masa itu. Tahun
2004, merupakan sejarah bagi per-Animasian Indonesia dengan dibuatnya film
cerita panjang animasi 3D pertama oleh studio Kasat Maja Jogja, bekerja sama
dengan Kelompok Visi Anak Bangsa Pimp. Garin Nugraha membuat film animasi 3D
“Homeland” dengan sutradara Gangsar Waskito. Bagaimana dengan studio animasinya..Dalam
waktu dekat ini Indonesia akan mempunyai studio animasi pertama.
Sebelum membuat Storyboard, disarankan
untuk membuat cakupan Storyboard terlebih dahulu dalam bentuk rincian naskah
yang kemudian akan dituangkan detail grafik dan visual untuk mempertegas dan
memperjelas tema. Batasan produksi terakhir akan dijelaskan supaya sesuai
dengan jenis produksi yang ditentukan, misalnya Storyboard akan digunakan untuk
film, iklan, kartun ataupun video lain.
Untuk mempermudah membuat proyek, maka harus dibuat sebuah rencana kasar
sebagai dasar pelaksanaan. Outline dijabarkan dengan membuat point-point
pekerjaan yang berfungsi membantu untuk mengidentifikasi material apa saja yang
harus dibuat, didapatkan, atau disusun supaya pekerjaan dapat berjalan.
Dengan menggunakan outline saja sebenarnya sudah cukup untuk memulai
tahapan pelaksanaan produksi, tetapi dalam berbagai model proyek video, seperti
iklan televisi, company profile, sinetron, drama televisi, film cerita dan film
animasi tetap membutuhkan skenario formal yang berisi dialog, narasi, catatan
tentang setting lokasi, action, lighting, sudut dan pergerakan kamera, sound
atmosfir, dan lain sebagainya..
Penggunaan Storyboard jelas akan mempermudah pelaksanaan dalam proses
produksi nantinya. Format apapun yang dipilih untuk Storyboard, informasi berikut harus dicantumkan:
produksi nantinya. Format apapun yang dipilih untuk Storyboard, informasi berikut harus dicantumkan:
o Sketsa atau gambaran
layar, halaman atau frame.
o Warna, penempatan dan
ukuran grafik, jika perlu.
o Teks asli, jika
ditampilkan pada halaman atau layar.
o Warna, ukuran dan tipe
font jika ada teks.
o Narasi jika ada.
o Animasi jika ada.
o Video, jika ada.
o Audio, jika ada.
o Interaksi dengan
penonton, jika ada.
o Dan hal-hal yang perlu
diketahui oleh staf produksi.
·
Daftar cek Storyboard :
·
Harus ada Storyboard untuk tiap halaman, layar atau frame.
·
Tiap Storyboard harus diberi nomor.
·
Setiap detail yang berhubungan(warna, grafik, suara, tulisan,
interativitas, visual dicantumkan)
·
Setiap teks atau narasi dimasukkan dan diperiksa sesuai dengan nomor
Storyboard yang berhubungan.
·
Setiap anggota produksi harus mempunyai salinan atau akses yang mudah ke
Storyboard.
·
Jangan beranggapan bahwa Storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point
saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih
dari cukup. Cara membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun
spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi
pembuat Storyboard professional.
·
Beberapa alasan mengapa menggunakan Storyboard:
o Storyboard harus dibuat
sebelum tim membuat animasi.
o Storyboard digunakan
untuk mengingatkan animator.
o Storyboard dibuat untuk
memudahkan membaca cerita.
Sports Toto - Sports Toto, Texas - Sporting 100
BalasHapusSporting 100 titanium cost offer competitive 토토 사이트 추천 odds on both a football mens titanium earrings and horse ford fiesta titanium racing market. Bet on the races titanium dioxide sunscreen today and see who the betting public likes to bet on.